(Oleh: M. Arfan)


Mlonggo - Jepara- Salam Malida! Bisa, Jujur, Disiplin, Berprestasi, Santri, itulah slogan MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO yang sering kita dengar, MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO merupakan salah satu sekolah yang mempunyai segudang prestasi baik Akademik maupun Non Akademik, salah satunya dibuktikan lewat ajang OLIMPIADE SAINS DAN KE-NU-AN (OSKANU) yang dilaksanakan di SMK ISLAM JEPARA pada 30/10/2017, pada ajang tersebut MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO meraih 7 tropi, tropi tersebut diraih peserta didiknya yang ditunjuk untuk mewakili dalam berbagai Cabang lomba yaitu: lomba mapel Aswaja, Ke-NU-an, mading 3D serta lomba mapel kategori IPS diantaranya: Sosiologi, Ekonomi Akuntansi, Geografi, Matematika IPS, Karya Ilmiah Remaja (KIR) Kategori IPS, dan kategori IPA yaitu: Fisika, Kimia, Biologi, Matematika IPA, dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) Kategori IPA.

Dari semua cabang lomba MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO membawa pulang 7 tropi yang diraih lewat cabang lomba, Mapel Sosiologi (ELVANA DWI DAYANTI), Geografi (M. MISBACHUL MUJIB), Kimia (RETNA YULIANA), Fisika (ARVIA), Matematika IPA (ANISA HAYATI), KIR IPA (ZUNAINATUL KHOIRIYAH, LAILATUL MAULIDI W, DIAN AYU APRILIA), dan Mading 3D (M. ANANG WILDANI R, LAILATUL MUYASSAROH, ELSA NADIA PUTRI), dan dari ke 7 cabang lomba tersebut masing masing mnedapat juara 2, sedangkan untuk lomba Mading 3D dan Matematika IPA mendapat juara 1 dan sekaligus akan mewakili kabupaten jepara ke tingkat provinsi Jawa Tengah di Semarang pada bulan Desember mendatang.

Walaupun MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO hanya mewakili kabupaten Jepara lewat 2 cabang lomba ketingkat provinsi tetapi kepala sekolah dan dewan guru tetap bangga terhadap peserta didiknya karena mereka sudah berusaha dan berdoa dengan giat.

 

Mlonggo – Prestasi siswa-siswi Malida kembali berlanjut di akhir bulan Oktober. Mengikuti kegiatan ‘Science Camp’ yang diadakan oleh Pemkab Jepara yang dilaksanakan di kantor BBPBAP (Balai Besar Penge,bangan Budidaya Air Payau), Malida berhasil menjadi Juara dua setelah berhasil memikat hati para dewan juri saat melakukan presentasi hasil penelitian di Pulau Panjang tentang Oceanografi “Mengukur Arus dan Gelombang Laut”.

MA MALIDA sendiri diwakili oleh 4 siswi kelas XII IPA yaitu Afnan Hanifah, Frisca Anggia Putri, Luthfiatun Nadhifah dan Nabila Putri Ardiyanti. Mereka ditunjuk langsung oleh waka kesiswaan untuk turut serta dalam kegiatan tersebut.

Ada dua peminatan yang bisa dipilih oleh peserta, yaitu menebar benih rajungan dan kepiting yang dilaksanakan di sidoarjo, dan Oceanografi yang dilaksanakan di Pulau Panjang. Nabila memaparkan bahwa mereka lebih memillih Oceanografi karana menarik dan langka “Kami memilih Oceonografi karna itu langka bagi kita, jadi baru pertama kali, mungkin menarik karena penelitiannya di Pulan Panjang” ujarnya. Meski tanpa ada bimbingan dan materi yang mencukupi, mereka selalu optimis dengan hasil yang mereka peroleh.

Dengan modal nekad dan semangat mereka mampu melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik, bahkan dengan peralatan yang dirangkai sendiri. “Kita diberikan fasilitas dari sana dan diberitahu cara merangkainya” sambungnya.

Hasil dari penelitian yang dilakukan di pulau panjang itu kemudian di paparkan melalui presentasi didepan dewan juri. Hasil presntasi itulah yang membuat mereka mampu memikat hati para dewan Juri untuk mendapatkan raihan yang maksimal, Juara II dari beberapa sekolah partisipan setingkat SMA se-Jepara. Hasil ini hanya kalah dari SMA N 1 Jepara dan unggul tepat diatas MA Darul Ulum Menganti.

Guru pembimbing, Retno Endah C., S.Pd., bersyukur atas apa yang telah dicapai oleh anak-anak asuhnya “Alhamdulillah mendapatkan hasil yang maksimal. Acara tersebut bermanfaat bagi siswa-siswi yang gemar dengan Ilmu Pengetahuan Alam khususnya di daerah Jepara. Salut buat anak-anak dan bangga meski belum bisa mendapat Juara satu” ujarnya.

 

Last Updated (Sunday, 29 October 2017 10:05)

 

Setiap akhir semester 2, MA Mathalibul Huda Mlonggo rutin mengadakan kegiatan Study Karya Wiasata. Periode ini kunjungan karya wiasata bertujuan ke Jogjakarta. Berikut beberapa Galery Foto Kegiatan Study Karya Wisata "Goes to Jogjakarta"

Last Updated (Monday, 16 October 2017 08:38)

 

Jepara – Malida merebut gelar Juara Umum 2 dalam lomba LBB (Latihan Baris Berbaris) dan TUB (Tata Upacara Bendera) tingkat Kabupaten menyisihkan pesaing-pesaing dari SMA dan SMK N sejepara.

Di Kategori LBB pasukan baris MALIDA menempati peringkat kedua, sedangkan dikategori TUB hanya mampu menempati peringkat ketujuh. Hasil tersebut sudah cukup untuk menempatkan MALIDA di peringkat kedua sebagai JUARA UMUM.

Hal ini cukup membanggakan, karena pesaing yang di hadapi adalah sekolah-sekolah negri ternama di Kabupaten Jepara. Dari 18 sekolah yang mengikuti lomba TUBS, MALIDA adalah satu-satunya Madrasah Aliyah di Jepara yang berani unjuk gigi bersaing dengan sekolah umum baik swasta maupun negri.

MA MALIDA hanya kalah dari SMA N 1 Bangsri yang meraih Juara Satu dan Unggul dari SMA N 1 Jepara (SMANSARA) yang meraih Juara 3 dalam kategori LBB. Sedangkan untuk Juara Umum, Malida berada tepat di bawah SMA N 1 Jepara dan mengungguli SMK ISLAM Jepara.

Pembina Pramuka, Husain Haekal, S.Pd., pun menyatakan rasa syukurnya atas raihan yang pertama ini dari beberapa Lomba yang sama di tahun-tahun sebelumnya. “Alhamdulillah puji syukur kepada Allah atas prestasi ini. Ikut bahagia melihat anak-anak menang atas perjuangan keras mereka selama ini. Dari hari pertama latihan sampe pada karantina sebelum lomba. Harus berpanas-panasan tetapi tetap semangat. Selamat” paparnya.


Raihan ini mematahkan stigma ‘Sekolah lebih baik dari Madrasah’. Tetapi Madrasah pun mampu bersaing dengan Sekolah. “Madrasah Lebih Baik. Lebih Baik Madrasah”. Bravo Malida, Malida Bisa!!!

 

Last Updated (Saturday, 28 October 2017 07:20)

 

Mlonggo – Sebagai madrasah unggulan di daerah Mlonggo, MA Mathalibul Huda menjadi barometer madrasah-madrasah aliyah di wilayah sekitar. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sebagai penyeimbang dari kegiatan KBM yang berlangsung di madrasah sehari-hari baik ekstra maupun kegiatan penunjang yang lain. Berikut adalah kegiatan-kegiatan yang dilakukan di MA Mathalibul Huda Mlonggo beberapa pekan terakhir diawal-awal tahun pelajaran 2017-2018.

1. 1. Siswa-siswi Mahthalibul Huda Mlonggo memperingati hari Pramuka dihalaman Madrasah (Senin, 14/08/2017). Peserta upacara tersebut adalah gabungan dari siswa-siswi Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah beserta dewan guru terkait.

Upacara ini rutin dilaksanakan setiap tanggal 14 Agustus. Karena tepat ditanggal tersebut, 56 tahun yang lalu, Pramuka lahir atas dasar kebutuhan masyarakat terkait dengan kepanduan.

Selain Upacara Pramuka, peringatan HUT RI ke-17 juga dilaksanakan bersama-sama satu Yayasan, baik dari tingkat Madrasah Ibtida’iyah, Madrasah Tsanawiyah hingga Madrasah Aliyah. Upacara yang dilaksanakan di Lapangan Sinanggul berlangsung khidmad dari mulai pukul 07.00 – sekitar 09.00 WIB. Di Awal dan di akhir upacara terdapat beberapa pertunjukan dari para siswa-siswi Malida dari mulai pertunjukan Drumband Malida, hingga perkusi dari barang-barang bekas.

2. 2. Polres Jepara yang bekerjasama dengan MA Mathalibul Huda Mlonggo memberikan sosialisasi tentang ‘Safety Riding’ atau aman berkendara kepada seluruh siswa-siswi MA Mathalibul Huda Mlonggo. Sosialisasi yang dilaksanakan di Gedung NU Mlonggo tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap siswa-siswi terkait pentingnya mengenali tata tertib ataupun tata aturan dalam berkendara baik dari segi tertib administrasi hingga segi keselamatan.

Selain Polres Jepara, Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Jepara juga mengadakan kegiatan donor darah di MA Mathalibul Huda Mlonggo. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang sangat baik dari warga MALIDA. Para siswa-siswi sangat antusias untuk ikut mendonorkan darahnya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. Tidak hanya para siswa. Tidak hanya siswa-siswi saja, tetapi sebagian guru juga ikut berdoor darah.

3. 3. Peringatan Tahun Baru Hijriyah 1439 yang diselenggarakan berbarengan dengan peringatan Hari Olahraga Nasional berlangsung sangat meriah. Hal ini dikarenakan partisipan yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah seluruh elemen lembaga dari mulai MI, MTs hingga MA. Kegiatan utamanya adalah Jalan Sehat serta pembagian DoorPrise untuk para siswa. Dengan kegiatan semacam ini diharapakan masyarakat lebih mengenal tentang Yayasan Mathalibul Huda serta memupuk persaudaraan yang erat antar elemen lembaga. Bravo MALIDA, Bisa, Jujur, Disiplin, Berprestasi, Santri!

 
Calendar Clock

Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Powered By therelax.com
Poling
Apa pelajaran yang paling kamu sukia?
 
Phoca Gallery Image Module
Advertisement
Featured Links:
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterToday51
mod_vvisit_counterYesterday27
mod_vvisit_counterThis week130
mod_vvisit_counterLast week118
mod_vvisit_counterThis month282
mod_vvisit_counterLast month625
mod_vvisit_counterAll days124514

We have: 32 guests online
Your IP: 54.92.194.75
 , 
Today: Dec 14, 2017
Untuk menjadi sukses, Anda harus memutuskan dengan tepat apa yang anda inginkan, tuliskan dan kemudian buatlah rencana untuk mencapainya - motivasei-islami[dot]com